Apakah Boleh Nge-Charge Smartphone Dan Laptop Menggunakan Charge Lain?

Setiap perangkat elektronik yang kita gunakan pasti membutuhkan charge untuk mengisi daya hidup smartphone dan laptop. tetapi apakah kita harus membawa charge setiap harinya? mungkin tidak pasti kita membawanya, apabila kita tidak membawa charge kita apakah bisa menggunakan charge lain milik kawan?


Apakah Boleh Nge-Charge Smartphone Dan Laptop Menggunakan Charge Lain?

Apabila kalian binggung dengan pertanyaan apakah bisa menggunakan charge lain? jawabannya boleh saja asal itu dalam keadaan terdesak selama charger itu bisa mengisi batterai laptop dan smartphone kalian, yang penting jangan terlalu sering memakai charge yang lain.



Saya Katakan Boleh, Bagaimana Penjelasannya


apabila kalian nge-charge dengan charge lain akan berakibat fatal untuk smartphone dan laptop kalian, efeknya ada 3 yaitu.

1. Batterai Boros
2. Smartphone atau laptop cepat panas
3. Umur batterai termakan usia


Bisa Terjadi Ledakan



akibat ini sangat fatal bagi pengguna smartphone, apalagi mereka meletakan smartphonenya didalam saku celana. selama kalian menggunakan batterai original/asli tidak akan timbul permasalahan seperti hp meledak meskipun kalian mengisi batterai smartphone dengan charge berbeda. batterai kalian bisa meledak apabila menggunakan batterai tidak original dan tidak direkomendasikan mengisi batterai menggunakan charge tidak original.



Banyak kasus  yang sudah terjadi dimasyarakat apalagi kejadian smartphone meledak disaku celana. menggunakan batterai yang tidak original tidak disarankan untuk masyarakat, tetapi gimana lagi dengan sikap masyarakat yang tergoda melihat harga batterai super murah dari pada harga batterai yang original.



Kenapa Menggunakan Batterai Yang Tidak Original Bisa Meledak?



saya ibaratkan dengan hardisk eksternal original dan hardisk eksternal KW alis palsu dengan merek sama. cara mengetahuinya sangat gampang, yang original mempunyai label yang menjanjikan oleh toko dan ada surat keterangan lengkap dari pabrik pembuatnya, sedangkan yang palsu cuma mempunyai garansi paling lama 6 bulan dan komponen hardisk tidak bagus untuk meyimpan file yang berada dilaptop kita, akibat KW akan mengakibatkan hardisk bad sector, cepat panas dan terkadang tidak terbaca dilaptop kita waktu kita colokan.




Kenapa Bisa Terjadi?



jawabannya sederhada saja, karena kedua barang tersebut mempunyai kualitas berbeda. yang original mempunyai komponen yang bagus dan bisa bertahan selama bertahun-tahun dalam masa pemakaian, sedangkan yang palsu atau KW tidak menjamin kualitasnya, sampai kapan bertahan kw itu, biasanya barang Kw bertahan cuma beberapa bulan pemakaianya dan kemungkinan meledak karena tidak mampu mempertahankan voltase listrik yang tinggi dan digunakan setiap hari.




Bagaimana Kalau Charge Saya Sudah Rusak, Apakah Bisa Menggunakan Charge Yang Lain?



Bisa Saja! asalkan kamu membeli charge dan telitilah melihat input/output sesuaikan dengan smartphone kamu. jangan tertarik dengan charge desain yang aneh dan jangan tergoda dengan harga jual murah. untuk penggunaan yang lama charge kw terkadang tidak stabil mengisi batterai dan bisa terjadi konsleting listrik dirumah kamu, oleh karena itu kamu harus teliti memilih chargenya yang cocok untuk smatphone kamu.




Saya Kasih Tipsnya




Smartphone



ada beberapa informasi yang saya baca, di swiss dan eropa menuntut adanya keseragaman charge untuk semua series produk apple. dengan kabar baik ini semua series apple bisa menggunakan charge series apple lain.



Selain charge apple bisa menggunakan charge selain apple. hal ini tidak akan mengakibatkan smartphone kamu meledak, apabila kasus yang saya bahas diatas. namun, menggunakan charge lain bisa mengakibatkan batterai bisa boros apalagi kamu menggunakan fitur fash charging, karena saat mengisi batterai memerlukan daya yang besar.



Berbeda lagi kalau kamu mempunyai fitur tersebut dismartphone kamu, karena didalamnya sudah mempunyai fitur tambahan yaitu Smart Controlling yang bisa melindungi sirkuit pengisian daya batterai kamu agar tetap stabil.



Kesimpulan Diatas


  • Mengisi batterai boleh menggunakan charge lain.
  • gunakanlah batterai original dan hindari pembelian batterai dengan harga murah
  • Perhatikan tegangan listrik kalian, pastikan dengan keadaan normal
  • Jangan menginstal aplikasi yang berjudul ''mengisi batterai cepat dari sebelumnya'' aplikasi itu akan menambah beban ram internal kamu 

Tips Untuk Laptop

Ada beberapa charge laptop yang bisa digunakan dengan berbeda merek seperti charge acer bisa masuk di laptop toshiba dan axioo.


Apakah ini aman untuk laptop?

sudah saya bahas diatas dengan selengkap-lengkapnya, hal ini tidak dipermasalahkan apabila digunakan tidak terlalu sering. apabila sering dengan jangka waktu yang lama akan mengakibatkan batterai cepat boros maupun memperpendek usia laptop itu sendiri.

Kasus meledaknya laptop sudah terjadi juga dikalangan masyarakat beberapa tahun yang lalu, dia menggunakan batterai yang tidak original dan charge mengunakan charge asal masuk saja alias yang penting laptop hidup

Untuk efek meledak pasti ada seperti yang saya sebutkan diatas. meledaknya laptop bisa terjadi apabila kamu sedang bermain laptop dan tiba-tiba lampu rumah kamu mati, sedangkan kamu lupa mencabut colokan charge, saat listrik menyala disitulah penyebabnya karena alus listrik tiba-tiba menyalurkan listrik kelaptop kamu dan akibatnya laptop kamu terkejut lalu meledak.

Sekian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat dan kalian bisa mengatasi laptop dan smartphone kalian terhindar charge lain.

0 Response to "Apakah Boleh Nge-Charge Smartphone Dan Laptop Menggunakan Charge Lain?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2