6 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setiap komputer dan laptop mempunyai sistem operasi yang mirip ada pun berbeda jenis komputen. fitur laptop memang seperti komputer pada umunya, kelebihan laptop ialah bisa dibawa kemana-mana dan bisa dimasukan ke tas, adapun yang lebih kecil dari pada laptop yaitu notebook. efesien untuk masyarakat untuk kebutuhan setiap hari dengan membawa laptop ke tempat kerja.


penyebab laptop kamu mati mendadak

tetapi kelebihan semua laptop memang banyak dan kita harus cara merawatnya dengan benar agar menjadi awet setipa tahunnya.

penyebab laptop kamu mati mendadak

ada beberapa penyebabnya matinya laptop secara mendadak, pembahan ini saya akan rangkum dibawah ini, silahkan menyimak.

1.ram kamu ada noda yang menempel

ramdom acces memory (Ram) merupakah komponen penting sebuah laptop maupun komputer. apakah kamu tahu ram itu ada noda juga? ya tentu, setiap hardware laptop pasti mempunyai noda tersendirinya. ram yang kotor akan menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat dan biasa saja laptop terjadi mati mendadak seperti pembahasan kita ini. kotoran ram ini terletak di bagian warna emas, jika kamu menemukan kotoran di bagian warna emas wajibnya kamu bersihkan memakai penghapus karet , gosokan penghapus ke bagian warna emas tersebut sampai sebersih-bersih.

aliran listrik mengalir ke tembaga ram warna kuning tersebut agar bisa menghasilkan energi panas ke komponen bisa bekerja secara optimal, coba bayangkan ada kotoran yang menempel di ram pasti menyebabkan aliran listrik ke ram akan terganggu oleh kotoran yang menempel dan terjadi overhead atau panas berlebihan.

2.batterai laptop kamu sudah usang

batterai yang sudah lama kamu pakai pasti ada jangka waktu penukaran batterai baru. penggunaan laptop yang setiap harinya untuk beraktifitas, kamu harus berhati-hati merawat laptop kamu apalagi yang paling penting batterai, sangat berpengaruh sebuah laptop. penyebab batterai laptop bocor atau usang sudah kamu abaikan karena kesibukan beraktifikas, misalnya kamu mecharge laptop terus menerus dalam jangka waktu yang lama, tetapi sudah ada notifikasi full batterai kamu abaikan saja dan ada juga batterai mau habis tetapi kamu biarkan saja sampai laptop kamu benar-benar mati.

jika kamu abaikan, kapasitas batterai kamu akan berkurang sebesar 1%, dan tidak batterai saja yang usang tetapi penyebab komponen lainnya ikut rusak juga. ada bahasa di dalam sistem operasi windows yaitu :

  • shutdown, laptop akan mati tanpa ada hardware yang bekerja
  • sleep, latop mati tetapi cuma layarnya saja, hardware tetap berjalan secara normal
  • hibernasi, bisa diartikan dengan mati suri, laptop akan mati tetapi suatu saat atau beberapa jam akan hidup kembali
jadi kamu hindari mematikan laptop seperti hibernasi dan sleep.  akibatnya sangat merugikan penggunanya, boleh memakai hibernasi dan sleep apabila tidak terlalu lama mematikannya.

3. kipas laptop kamu banyak debu

kipas atau fan laptop salah satu komputer yang berfungsi mengatur panas motherboard agar tetapi stabil temperaturnya. coba saja kipas laptop kamu banyak debu pasti akan mempengaruhi kinerja laptop apa lagi akan menyebabkan panas yang luar biasa. kamu bisa membersihkannya dengan membongkar laptop kamu apa bila kamu mempunyai ahli komputer, kalau tidak berani membongkar sendiri saya sarankan membawanya ke tempat service komputer atau laptop yang ada didaerah kamu.

kinerja kipas laptop prosessor menurun akan cepat panas, tentu fungsi pendingin tidak optimal dikarenakan ada debu yang menggangu, sehingga laptop terjadi overheat dan mati mendadak.

4.pasta prosesor sudah kering

pasta prossesor? bagi yang belajar ilmu komputer pasti mengetahui sebutan pasta. pasta merupakan bahan yang harus ada di dekat prosessor agar bisa menstabilkan arus panas . bentuk pasta ini seperti cairan lunak yang diletakan di antara prosessor dan logam pendingin. cara mengatasi pasta kering sangat mudah dengan membongkar laptop kamu dan buka dibagian prosessor lalu letakan pasta di prosessor.

dampak menyebabkan pasta mengering akan mengakibatkan alur panas ke prosesor tidak stabil dan akan terjadi overheat.

5.komponen hardware terjadi kerusakan

ada pun komponen hardware yang rusak atau lagi error, misalnya hardisk yang bad sector atau corupt , blue screen lalu mati mendadak. apa bila sudah kerusakan hardisk terkadang susah memperbaiki hardisknya dan tidak semua data kamu kembali, total berhasilnya 50%. pada umumnya teknisi komputer menawarkan harga yang cukup mahal untuk sebuah hardisk, menurut saya dengan harga tersebut wajar saja.

6.kabel fleksibel monitor rusak

kabel yang menghubungkan ke motherboard dengan laptop rusak dan terjadi layar blank, namun tidak sepenuhnya mati karena komponen yang mati cuma layarnya saja. jika konektor vga (D-hub atau HDMI) pada laptop dihubungkan kepada monitor lain atau LCD projector, laptop tetap dapat digunakan.

demikian pembahasa artikel saya diatas, semoga bermanfaat bagi kamu. untuk mengatasi data hilang, kamu bisa backup data ke hdd eskternal untuk mengantisipasi laptop kamu mati tiba-tiba. sekian dari saya, terima kasih.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2