Cara Burning Dvd Menggunakan Nero StartSmart Essentials

burning dvd atau mengcopy data kedalam dvd sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu juga saya membuat artikel ini. saya membuat artikel ini banyak orang yang menanyakan tentang cara burning dvd ke sofware nero, makanya saya buat artikel ini untuk orang yang masih awam dan tidak mengetahui cara memburning dvd.


dvd yang bisa di copy/burning tetapi tidak bisa di hapus filenya

sebangian orang yang melakukan burning ini untuk menyimpan file yang penting di dvd supaya bisa membawanya kemana-mana. ada 2 jenis dvd yaitu dvd r dan dvd rw. 
Dvd R
dvd yang bisa di copy/burning tetapi tidak bisa di hapus filenya. dengan kata lain, sekali copy akan tidak bisa di hapus lagi file yang sudah di copy tersebut.
Dvd RW
dvd yang menurut saya terlalu mahal dari dvd r, karena dvd rw ini bisa copy dan bisa menghapus file yang sudah kamu copy tadi. cara kerjanya sama dengan flasdisk.

Nero StartSmart Essentials merupakan aplikasi yang membantu proses burning suatu dvd agar lebih cepat proses dan mudah. membakar dvd atau burning dvd tanpa menggunakan aplikasi nero juga bisa sebenarnya tetapi tanpa menggunakan aplikasi nero menurut saya proses burning tanpa menggunakan nero lambat dan bisa juga gagal di tengah proses.

Cara Burning / Copy DVD Menggunakan Aplikasi Nero

1. tutorial ini menggunakan aplikasi nero StartSmart Essentials, apabila kamu belum mempunyai aplikasi silahkan download Disini.
2. setelah kamu download dan instal sofware seperti biasa, kamu buka aplikasi nero, oh ya jangan lupa masukan dulu dvd nya ke dalam dvd rom laptop maupun komputer lalu buka aplikasi nero StartSmart Essentials.
3. klik Make Data Dvd, kalau kamu menggunakan Cd pilih Make Data Cd.



4. lihat gambar dibawah, berarti dvd kamu sudah terdeteksi dan besar dvd saya 4.5gb (kosong). kamu tinggal memilih file mana yang kamu inginkan copy ke dvd dengan cara klik Add (Warna Hijau). 



5. klik next apabila sudah memilih file yang mau di copy, setting nya default saja sesuai dengan settingnya nero. lalu klik Burn. kamu tinggal ngopy dan duduk santai sambil menunggu proses burning selesai.




dengan tahap ini semua masalah selesai, setelah proses selesai dvd rom akan keluar sendiri, tapi kamu jangan panik karena itu tnda proses burning selesai haha.

Catatan
apabila proses burning berhenti di tengah dan hasil nya gagal, berarti dvd yang kamu gunakan rusak atau ada goresan di bawah dvd. penyebabnya 1 lagi bisa juga dvd rom kamu yang sudah tua atau piringannya sudah lecet. dan kamu bisa mencoba membersihkan optik dvd rom di seperti ini ( Baca : Cara Membersikan Optik Dvd Room ).

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang mengalami masalah tersebut. salam blogger untuk blogger seluruh indonesia.
apabila ada pertanyaan silahkan komentar dibawah atau kamu bisa request artikel masalah yang kamu alami, kamu bisa menghubungi admin di kontak yang sudah tersedia.

0 Response to "Cara Burning Dvd Menggunakan Nero StartSmart Essentials"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2