Tips Belajar Programming Otodidak Agar Rajin

cara menjadi programmer yang handal dengan otodidak - bagi anda yang suka bahasa programman atau yang ingin menjadi seorang programmer yang handa yang bisa berkerja di perusahaan besar, maupun asing. langkah anda menjadi programmer tidak di tutup oleh zaman.

anda bisa menjadi seorang programmer yang sukses dan bisa bekerja di perusahaan yang besar yang anda inginkan bukan ? bagi anda yang masih pemula belajar, keinginan ini besar sekali di benak hati anda.
kebanyakan orang yang ingin belajar program, banyak mengeluh tentang syntax-syntax yang sulit. ingat kawan, anda tidak lah sendiri. saya sendiri belajar bahasa program membutuhkan waktu yang lama dan konsisten.

menjadi programmer tidak lah mustahil untuk anda, tetapi anda bisa sekali menjadi programmer, asalkan anda memiliki kehendak ingin maju untuk diri anda sendiri.

kebanyakan orang yang ingin belajar program, banyak mengeluh tentang syntax-syntax yang sulit. ingat kawan, anda tidak lah sendiri. saya sendiri belajar bahasa program membutuhkan waktu yang lama dan konsisten.

apabila anda mempunyai teman yang memiliki hobi yang sama, anda bisa menjadikan wadah teman anda sebagai team atau belajar bersama.

Belajar Programman Untuk Pemula


1. Niatkan Anda Harus Menjadi Programmer

hal yang sangat penting dan menjadi pondasi pertama adalah niat. anda harus menanamkan niat anda, kalau anda itu bisa menjadi programmer yang handal dan bisa bersaing di pasar international seperti programmer luar negri.

pecuma saja anda belajar-belajar, tetapi anda tidak menanamkan rasa niat anda kepada pelajaran programmer.

jadikanlah bahasa programmer itu menjadi bahasa yang anda suka dan tidak akan bosan-bosan anda mengulang-ulang bahasa program.

2. Pilih 1 Bahasa Program

bahasa program pada pertama buat sampai sekarang sudah banyak yang bisa anda gunakan. anda tidak wajib menguasai semua bahasa program tersebut, karena jumlah nya sangat banyak.

saran saya, pilih lah satu bahasa yang ingin anda belajar sampai ke akarnya.

kenapa saya menyuruh memilih 1 ? karena bahasa program itu logikanya sama saja, tetapi yang membuat bedanya adalah syntax-syntax bahasa program.

anda tidak perlu menghafal syntax, anda cukup melihat dokumentasi bahasa program yang ingin anda belajar.

3. Belajar Bahasa Inggris

kebanyakan dokumentasi bahasa program adalah berbahasa inggris semua. maka dari itu lah anda wajib mengusai bahasa inggris. agar mudah menganalisis syntax apa saja kegunaannya.

bahasa pertama yang anda harus belajar adalah bahasa inggris. tetapi apabila anda sudah terlanjur belajar bahasa program tidak apa-apa. yang penting anda harus mengerti salah satu bahasa inggris.

4. Segera Belajar

setelah anda membaca artikel ini. anda wajib belajar bahasa program secepat mungkin. pecuma saja anda membaca tetapi tidak mempraktekkan bahasa program tersebut.

penyedia tutorial program

  • Programming Unpas (Youtube)
  • Kelas Terbuka (Youtube)
  • Codepolitan
  • Sekolah Koding
  • Petani Koding
  • Stack overflow
  • Grup media sosial

belajar lah menggunakan video tutorial atau modul bahasa program. bagi anda yang belajarnya menggunakan video, ikuti langsung saja tutorial yang di sediakan video program, karena tidak menguntungkan apabila anda menonton saja.

5. Buat Jadwal Rutin

menggunakan jadwal sangatlah efektif menurut saya. saya sendiri sudah merasakannya sendiri dan kelebihan yang sudah saya dapatkan.

mulailah membuat jadwal setiap hari belajar programming. buatlah satu hari itu 3 jam belajar, tentukan waktu pagi, siang, sore, atau malam. itu tergantung anda sendiri mana yang enak.

saran saya, belajarlah di pagi hari dan di malam hari, karena otak setelah bangun masih fresh.

6. Catat Bagian Terpenting Agar Tidak Lupa

mencatat memang melelahkan, tetapi kelebihan mencatat adalah anda bisa membawa catatan tersebut kemana pun. disaat di situ lah anda menggunakan waktu efektif di mana pun berada anda bisa belajar juga.

ikuti cara saya ini, karena sudah terbukti dengan saya sendiri.

7. Cari Teman Yang Hobi Program

50 persen teman mempengarui anda dalam kehidupan sehari-hari. semakin banyak teman anda yang mempunyai hobi yang sama, semakin tingginya niat belajar anda.

contohnya, saat berkumpul membahas tentang permasalah yang tidak bisa di pecahkan oleh satu pihak dalam program yang dia buat. peran anda disana sangat baik dan bisa mendapatkan informasi lebih yang tidak anda ketahui selama ini.

8. Gabung Grup Sosial Media

banyak tersedia di media sosial yang sudah membagun grup programmer, misalnya facebook, twitter dan masih banyak lainnya.

manfaat yang bisa anda dapatkan

  • bisa mendapatkan informasi yang lebih
  • membantu semasa programmer menyelesaikan masalah
  • mendapatkan teman programmer
  • bebas menanyakan soal programmer
Demikianlah...

Belum ada Komentar untuk "Tips Belajar Programming Otodidak Agar Rajin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel