7 perbedaan wordpress.com dan wordpress.org(seft host), bagus mana ?

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org - Pada era zaman teknologi ini banyak pengguna website dimana mana yaitu di internetan. mereka banyak menawarkan jasa kepada peminat pembuat website agar usaha si pembeli menjadi lebih luas.
Apa saja perbedaannya ? mungkin menurut anda sama saja, karena namanya sama ada wordpress cuma beda belakangnya saja.
Banyak developers website yang menyediakan pembuatan website dari cms joombla, drupal dan khusus nya wordpress. apakah anda tau ada dua jenis wordpress yaitu wordpress.com dan wordpress.org .

Apa saja perbedaannya ? mungkin menurut anda sama saja, karena namanya sama ada wordpress cuma beda belakangnya saja. Nah, pada artikel ini saya akan membagikan informasi perbedaan kedua jenis wordpress tersebut agar anda lebih ulet, mau memakai yang mana dan sesuai kebutuhan.

Memahami Beda Wordpress.com Dan Wordpress.org

1. Harga

Hal yang pertama yang membedakan kedua jenis wordpress ini adalah harga. kenapa harga, kan keduanya sama-sama wordpress, karena menurut saya sendiri wordpress self hosting dan wordpress org beda produk pemasarannya.

Wordpress.org Hosting adalah cms yang berbasis website yang open source dan bebas di pakai dimana saja (Gratis), apabila anda memakai seft host ini anda sama saja membeli rumah dengan tanahnya. kalau di wordrpress seft host namanya adalah Cpanel (Tanah), Cms (Rumah), dan Domain (Nama Jalan Rumah Anda). Apabila anda mau membuat website dengan wordpress seft host ini anda harus membeli domain, dan hosting, harga nya mudah mulai dari 15.000 dan domainnya rata-rata 120.000.

Pebedaannya dengan  Wordpress.com, kalau Org gratis memang tetapi tidak full control dan apabila anda mau membayar.

  • Personal : $3/Bulan
  • Premium : $8/Bulan
  • Busines : $24/Bulan

2. Plugin

Pengguna wordpress banyak yang menggunakan plugin untuk mengoptimalkan website mereka, banyak ribuan plugin yang sangat bermanfaat dan gratis juga untuk di install di wordpress. di indonesia pengguna wordpress adalah wordpress self hosting, karena bebas pemakaian plugin yang bagus di install dan kelebihan lainnya bisa mengupload plugin yang berekstensi zip langsung di wordpress seft host.

Sedangkan wordpress org, tidak semua plugin bisa diinstall dan tidak bisa juga mengupload langsung plugin

3. Theme

Pasti semua website memiliki tampilan yang menarik dan unik untuk pengunjungnya. dalam memilih theme harus benar-benar layak dan loading cepat. semakain cepat, pengunjung pun nyaman di website anda, banyak website yang ingin mempercepat website ada 6 tips untuk mempercepat loading blogger dan wordpress yang perlu anda coba.

Wordpress com tidak semua bisa memakai theme yang di inginkan, karena tidak ada tombol upload yang di sediakan wordpress com, apabila anda memakai yang gratisan, beda lagi kalau menggunakan personal maupun bisnis.

Beda juga wordpress com (self host), yang bebas memakai theme, theme bajakan juga bisa anda gunakan, tetapi kerugiannya cukup besar seperti kena virus malware, spam dan lainnya.

4. Power By

Sebagai developers website wajib meletakkan hak milik theme mereka di bagian footer di paling bawah theme. kenapa harus di letakkan ? karena developers ingin semua orang tau itu loh karya saya sendiri, semakin banyak developers buat themenya, semakin banyak orang yang memakainya.

Bagi anda pengguna wordpress com, biasanya di bagian footer tertulis powerby wordpress.com dan itu hal yang wajar saja, tetapi apakah bisa hapus atau di ubah ? jawabannya Tidak, bagi anda yang sering otak atik theme pasti ingin menghapus theme bukan ?

Sebalaiknya wordpress seft host yang bisa menghapus hak cipta di footer theme anda alias full control. tetapi menurut saya alangkah baiknya jangan menghapus power by hasil karya orang lain. hargailah usaha dan kreatifitas mereka.

5. Hosting

Hosting merupakan tempat penyimpanan website yang berisi, file, gambar dan masih banyak lainnya. hosting ini khusus untuk wordpress.org. di hosting ada yang bernama cpanel untuk mengatur sebuah website yang akan di operasikan, banyak fitur yang lengkap di cpanel yang bisa anda gunakan sepenuhnya.

Anda dapat membuat subdomain, yaitu domain tambah contohnya surya.domainku.com, atau anda bisa mengikuti cara membuat website dengan add domain di cpanel.

6. Iklan

Website tanpa iklan seperti makan bubur yang di aduk. tanpa iklan anda tidak pernah mendapatkan penghasilan khususnya pengguna wordpress seft host, tetapi bisa juga wordpress org. kenapa saya bilang wordpress org bisa juga ? mungkin ini kekurangan wordpress com yang gratis yaitu mempunyai iklan kotak persegi di antara di bawah judul artikel dan di akhir artikel.

Iklan tersebut otomatis di pasang oleh pihak wordpress com, bagi pengguna gratis, menurut saya itu tidak apa-apa, karena sudah banyak juga mendapatkan fitur di wordpress com.

7. Keamanan

Kedua pembahasan yang saya jelaskan yaitu wordpress org dan wordpress com masing-masing mempunyai keamanan yang bagus dan canggih. tetapi apabila anda menggunakan wordpress org (self host), banyak yang mengatakan mudah di defance orang, menurut saya itu tergantung anda sendiri, apakah mengelola dan merawat website sendiri baik dan menjaga sela-sela keamanan.

Pengguna wordpress com, tidak bisa di defance, karena servernya terhubung langsung ke pihak perusahaan website, dijamin aman dan tentram. lebih baiknya anda memnyewa nya perbulan untuk website perusahaan anda.

Penutup

Sekarang anda sudah tau perbedaan kedua jenis wordpress. mulai sekarang mana yang bagus untuk di pakai dan dibuat website ?

Itu tergantung anda sendiri, keduanya sangat baik apabila di bangun website dan tidak ada kelemahan kedua tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 perbedaan wordpress.com dan wordpress.org(seft host), bagus mana ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel