4 Bahaya Berita Hoak di Sosial Media Membuat Permusuhan

Perkembangan teknologi di dunia sangat pesat termasuk juga di indonesia yang mengalami perkembangan tersebut dengan cara tiba-tiba. anda tau masyarakat indonesia kurang update tentang teknologi yang berada di dunia, saat menerima perkembangan itu masyarakat menerima dengan cara langsung saja tidak menyaring berita benar atau berita palsu.

dampak berita palsu di media sosial

Tahun ke tahun, sudah banyak media sosial yang menyebabkan dampak buruk bagi masyarakat penggunannya. dampak negatifnya ialah berita hoax yang sering terjadi di facebook, instagram, twitter dan masih banyak lainnya. orang yang tidak bertanggung jawab, menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita palsu ke khalayak ramai, di karenakan mudah, apalagi kebanyakan orang mudah terpercaya dengan berita tanpa ada mengetahui jalan ceritanya bagaimana.

Bisa dibilang berita bohong (Hoax) lebih kejam dari pada ibu tiri yang kebanyakan orang bicarakan, karena banyak dampak negatifnya yang akan timbul. Baca juga : Cara mengetahui berita hoax di smarphone.

Apa Tujuan Berita Hoax ?

Saya mengambil kutipan seorang Menteri Propoganda Nazi, Bernama Paul Joseph Goebbels. yang berkata.

“Sebarkan kebohongan berulang-ulang kepada publik. Kebohongan yang diulang-ulang, akan membuat publik menjadi percaya” dan “Kebohongan yang paling besar ialah kebenaran yang diubah sedikit saja”.

Artinya, kebohongan yang dikemas secara sistematis dan dibuat seolah-olah menjadi nyata. seperti novel. ada tujuan saat orang membuat berita palsu untuk menjatuhkan seseorang dari tahtanya.

Dampak Berita Hoax Bagi Masyarakat

1. Tidak Percaya Dengan Berita Asli

Hal yang pertama menimbulkan tidak mudah mempercayai berita yang benar-benar terjadi atau palsu di hidupnya. jadi orang seperti ini akan membanyang bayangkan berita-berita yang tidak berguna. jika orang yang memberi berita asli, dia tidak mudah percaya dengan mudahnya.

2. Mudah Marah

Berita hoax salah satu tujuannya adalah marah kepada sesama umat masyarakat. orang yang membuat berita hoax akan senang melihat orang saling berdebat padahal berita yang dibuat tidak benar asli adanya.

Saat anda menerima pendapat orang lain, pasti anda menjangkalnya dengan kata-kata anda yang menurut anda benar dengan nada marah.

3. Tidak Bisa Membedakan Dunia Nyata Dan Dunia Maya

Dampak negatif sangat parah adalah tidak bisa membedakan dua dunia ini. perkembangan teknologi salah satunya yang tidak bisa dibendung oleh masyarakat termasuk smartphone. banyak orang tidak bisa bergaul karena adanya smartphone. saat berkumpul dengan teman, hanya memandangi smartphone masing-masing, apakah itu namanya pertemanan ?

4. Putus Dari Jalinan Pertemanan

Paling dampak konsukuensi adalah teman, beda pendapat dari teman akan membuat anda tidak akrab lagi dengan teman-teman anda. apalagi di karenakan hanya berita yang tidak tau sumbernya dari mana, hal tersebut membuat anda dan teman berdepat sampai tidak menyapa atau mengunfollow satu dengan lainnya.

Baca Juga : Kelebihan dan kekurangan media sosial

Demikianlah artikel dampak-dampak berita hoax (palsu) bagi masyarkat. semoga bermanfaat untuk anda semua dan bisa menyaring sumbernya tanpa ada kesalahan.

Belum ada Komentar untuk "4 Bahaya Berita Hoak di Sosial Media Membuat Permusuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel