Cara Mengubah Partisi Hard Disk Dynamic Menjadi Basic Tanpa format

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman sendiri tentang cara merubah partisi hardisk yang dynamic menjadi primary atau system. sebenarnya cara mengubahnya gampang sekali, hanya membutuhkan sebuah software yang bernama Dynamic Disk Converter 3.5 Pro. sebelum melanjutkan tutorialnya, alangkah baiknya kita mengetahui hardisk dynamic, kenapa sih bisa berubah sendiri ?
Mengubah Partisi Hard Disk Dari Dynamic Menjadi Basic
Apakah anda seorang pengguna komputer/laptop ? jika benar, pasti tidak asing lagi dengan nama hardisk internal yang berada di dalam komputer bukan ? pada dasarnya hardisk hanya terbangi menjadi 2 bagian yaitu hardisk untuk system dan hardisk untuk data penyimpanan anda. bagi anda yang memiliki kapasitas hardisk yang cukup besar, mungkin bisa membagikan beberapa partisi hardisk, contohnya menjadi 4 partisi hardisk  C,D,E,F dan lain-lain.

Saat anda melakukan pembagian partisi hardisk akan melewati proses shink volume agar bisa membagikan partisi. dari penambahkan partisi tersebut, hardisk type nya akan berubah secara otomatis menjadi hardisk ber tipe dynamic. maka dari sanalah perubahan terjadi. saya sendiri sempat binggun pertama mengalami ini. untung saja saya menemukan aplikasi mudah yaitu Dynamic Disk Converter 3.5 Pro.

Cara Mengubah Partisi Hardisk Dynamic Menjadi Primary Tanpa Hapus Data

1. Download dan instal Dynamic Disk Converter 3.5 Pro, Download 1 (Password : wfuture-way), Download 2.
2. Ekstrak yang sudah anda download dan jalankan softwarenya.
3. Pertama, anda pilih saja method 1, lalu next.

4. Centang hardisk anda, lalu next. jika anda memasang 2 buah hardisk centang check mirrored volumed (raid1).

5. Klik centang i have decided to execute bla-bla. lalu process. tunggu beberapa menit, tergantung besar file yang ada di hardisk anda.

6. Berikut proses pemindahan dynamic ke basic berhasil, klik OK. nanti akan merestart sendiri komputer/laptop anda.

7. Selesai.

Anda bisa melihat proses ini berhasil dengan saya sendiri, berikut gambar yang bisa saya buktikan. untuk membuka Computer management, buka windows exproler > di icon komputer klik kanan dan pilih manager. jika sudah terbuka Computer management, klik area disk management di sebelah kiri.

Sebelum Mengubah Menjadi Type Dynamic


Sesudah Mengubah Menjadi Type Basic



Baca Juga : Cara perbaiki hardisk data eror dengan cmd

Demikianlah, cara mengubah partisi hardisk type dynamic menjadi type basic (system dan primary). semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah Partisi Hard Disk Dynamic Menjadi Basic Tanpa format"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel