Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Mudah Menghindari Penipuan Lewat Telepon dan Sms

Modus penipuan via telepon dan sms sudah sering terjadi saat ini, dari zaman dulu hingga tahun ini terus saja penipu yang bertambah untuk mengambil keuntungan besar melalui panggilan telepon. dengan menggunakan panggilan masuk kepada korban, memudahkan penipu berinteraksi dengan korban. banyak korban yang mengalami penipuan melalui via hp ini, biasanya orang tua usia lanjut yang sering kena, tetapi tidak bisa di pungkiri anak muda sekarang pun bisa juga kena, jika tidak selektif menggunakan hp mereka.
modus penipuan via telepon
Banyak cara yang dilakukan oleh pelaku kejahatan ini, berupa panggilan masuk yang tidak dikenal dan sms menang undian dengan hadiah menakjubkan. anda pasti pernah mendapatkan sms hadiah ini setiap harinya bukan ? bagi anda yang tidak mudah percaya, hal tersebut tidaklah risau lagi, tetapi kebanyakan orang masih saja tertarik dengan omongan yang mendapatkan hadiah itu.

Di artikel ini saya akan membagikan tips dan cara menghindari penipuan lewat telepon dan sms. walaupun kejadian ini jarang anda alami, alangkah baiknya menjaga terlebih dahulu. jika terjadi, anda sudah tau menghindarinya dengan cepat tanpa berbicara panjang kepada pelaku penipuan.

Berikut Menghindari Penipuan Lewat Telepon & Sms

1. Jangan Angkat Nomor Yang Tidak Di Kenal

Mungkin anda sering mengalami ini. hp anda di hubungi nomor telepon yang tidak anda simpan di kontak. pastikan nomor telepon tersebut, mengsms anda mana tau teman atau keluarga anda yang menggunakan nomor baru.

Si penipu ini memanfaatkan nomor itu, dengan menelpon satu per satu korban untuk menarik perhatian dan melakukan kejutan (hadiah), aslinya tidak ada.

2. Jangan Biarkan Si Penipu Berbicara Lama

Jika anda sudah terlanjur mengangkat nomor yang tidak dikenal. baiknya anda ladenin saja agar mengetahui apa tujuan penelpon tersebut. apabila menurut anda, berbicara tentang hadiah atau yang memberi tawaran besar kepada anda, jangan sampai mereka berbicara lama. karena bisa memperdaya anda sendiri, walaupun anda sudah sangat berhati-hati. anda bisa memutuskan panggilan telepon, atau bisa berargumen kepada penipu.

3. Jangan Beritahu Informasi Penting

Biasanya penipu saat pertama kali menelpon akan bertanya nama anda dan alamat anda, apakah sesuai data mereka atau tidak. mereka terkadang seperti operator telkomsel dengan pembawa kalimat yang bagus dan santun. pastikan jangan memberitahu data diri anda, bisa mengakibatkan penggunaan illegal kepada data anda.

4. Merekam Panggilan Masuk

Anda bisa mencobanya kepada nomor yang sering tidak di kenal. beritahu karena pembicaraan ini sedang di rekam. hal tersebut membuat mereka takut dan langsung mematikan telepon.

Penutup

Target penipu adalah uang. jadi pembicaraannya tidak jauh dengan hadiah, promosi, dan masih banyak lagi. biasanya si penipu, menyuruh korban untuk mengirim uang, sebelum hadiah di kirim kepada korban. dengan 4 tips diatas, anda bisa menjadikan pengalaman sendiri agar terhindar dari penipuan lewat telepon dan sms.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Post a Comment for "4 Tips Mudah Menghindari Penipuan Lewat Telepon dan Sms"